Five Minutes Coding
Mampir ke Channel Youtubenya juga ya :)

Kamis, 26 September 2013

[Review] Zemana Anti-Logger Free


Pada artikel ini saya mencoba me-review software AntiLogger dari Zemana bernama Zemana Anti-Logger Free yang akan saya test kemampuannya. Versi yang saya gunakan untuk testing adalah versi terbaru saat artikel ini ditulis yaitu versi 1.6.2.293 September 2013

disini saya mencoba melakukan tes sederhana dan membahas kelebihan dan kekurangan pada Zemana Anti-Logger ini,mari kita bahas.

Proses Install
Saat menginstal Zemana Anti-Logger, maka Zemana Anti-Logger akan men-drop file driver dengan nama keycrypt32.sys (tergantung platform yang anda gunakan) dan menginstalnya sebagai service dengan nama keycrypt.





Test dengan Keylogger berbasis API
Keylogger ini dibuat dengan visual Basic 6.0, dengan memanfaatkan winAPI GetAsyncKeyState. Mengapa? karena sebagian besar keylogger yang beredar (baca : malware) masih menggunakan winAPI ini Saat dilakukan pengujian, Zemana Anti-Logger sukses meng-encrypt keystroke yang direkam oleh keylogger ini.



Test dengan Keylogger yang melakukan hook low level keyboard
Selanjutnya kita akan menguji Zemana Anti-Logger dengan Keylogger yang menggunakan hook low level keyboard untuk merekam keystroke yaitu WH_KEYBOARD_LL. Keylogger ini dibuat dengan bahasa pemrograman C++ yang notabene juga banyak digunakan oleh pembuat malware.

Pada test ini, Zemana Anti-Logger sukses lagi meng-encrypt keystroke, namun pada ENTER masih terekam
*mungkin memang karakter atau Tombol ENTER sengaja diabaikan? karakter atau tombol lainnya yaitu CTRL, PRINT SCREEN*




Test dengan Reveal Keylogger

Pada test ini, saya menggunakan Reveal Keylogger Free sebagai perwakilan dari keylogger sebenarnya. . Terlihat log pada Reveal Keylogger kosong (tidak ada keystroke yang tersimpan), dan lagi-lagi Zemana Anti-Logger Free lulus test


Test dengan Zemana keylogger Simulation Test
Zemana keylogger Simulation Test adalah tool simulasi keylogger yang sangat baik (lebih baik daripada
AKLT menurut saya) yang dibuat oleh Zemana sendiri sebagai alat testing. Dan pada test terakhir ini, Zemana Anti-Logger Free tetap lulus test


Kesimpulan:
Meskipun Zemana Anti-Logger ini gratis,tapi perlindungan yang ditawarkan sudah cukup baik, berikut saya coba memberikan kelebihan dan kekurangan Zemana Anti-Logger.

Kelebihan:
- proteksi secara real-time tidak memberatkan sistem karena tidak melakukan hooking pada proses lainnya
- UI atau tampilan program simple
- keampuhan proteksi diatas rata-rata program anti-logger free lainnya

kekurangan:
- tidak ada alert atau pemberitahuan bahwa proses atau program lain sedang melakukan aksi keylogging seperti Zemana Anti-Logger Pro



Semoga Bermanfaat

Updated : 19 Oktober 2013

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra sebagai penulis artikel, diperbolehkan menyalin artikel ini secara utuh tanpa mengubah atau menambah isi artikel.

0 komentar:

Posting Komentar

(C) 2018. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Followers