Sabtu, 19 Maret 2016

[Python] Perkenalan dan Dasar Python


Pada artikel ini kita akan membahas dasar-dasar Python, Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, ber-orientasi object, interaktif dan terinterpretasi .Pada contoh ini saya menggunakan Python 2.x yang sudah ada dalam ubuntu yang saya punya , di web python.org, sudah tersedia versi 3.x

Untuk menjalankan Python, cukup buka Terminal anda lalu ketikkan Python . Perlu diketahui bahwa Python tidak butuh dikompilasi, python dapat langsung dijalankan saat itu juga setelah anda membuat perintah atau mengubah perintah (istilahnya terinterpretasi) pada interpreter python

Langkah Awal
Seperti Programmer pada umumnya, anda harus melakukan ritual hello world seperti ini sebelum memulai. ketikkan perintah print 'hello world' seperti berikut


Di Python, anda tidak perlu mengakhiri baris kode dengan titik koma (;) seperti C++ dan lainnya,kecuali jika melakukan perintah If, While, Def, Class , maka anda harus mengakhiri baris header lines dengan semicolon atau titik dua (:)

Tipe Data Variabel pada Python standar ada 5 yaitu:
  • String
  • Number
  • Tuple
  • List
  • Dictionary
Menggunakan Variabel
Variabel pada Python tidak tergantung pada tipe data,anda bisa mengubahnya dari String menjadi Integer dan sebaliknya. Anda juga bisa tidak perlu mendeklarasikan tipe data variabel karena tipe data berlangsung otomatis ketika anda memberi nilai atau value pada variabel, misalnya di VB anda diharuskan mengetik Dim Nama As String, di Python anda cukup melakukan seperti ini ,Contoh :


dibaris pertama, saya membuat variabel nama dengan isi kucing tanpa mendeklarasikan tipenya, ketika saya mengetik perintah print type(nama), maka akan terlihat bahwa variabel nama tersebut bertipe string.

Sekarang saya ubah isi dari variabel nama tersebut dengan angka 7, kemudian ketik lagi perintah print type(nama), maka variabel nama sudah berubah tipe menjadi integer,dan jika dilakukan perhitungan , maka tidak akan ada masalah karena memang sudah move on variabelnya :)


Konversi
Jika anda ingin mengubah kembali variabel nama menjadi string tanpa mengubah nilai atau valuenya, anda bisa mengetikkan perintah nama = str(nama) :


Pada contoh diatas, saya langsung menconcatenate atau menggabungkan variabel nama dengan variabel test, maka muncul error karena variabel nama sudah berubah menjadi string. Jika saya melakukan perintah print, maka isi dari variabel nama tetap 7 tidak berubah.

 Semoga Bermanfaat

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra sebagai penulis artikel, diperbolehkan menyalin artikel ini secara utuh tanpa mengubah atau menambah isi artikel.

0 komentar:

Posting Komentar

(C) 2018. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Followers