Five Minutes Coding
Mampir ke Channel Youtubenya juga ya :)

Sabtu, 03 November 2018

First Look Visual Studio 2017


Ya first look dari Visual Studio 2017 meskipun saat ini sudah November 2018 :)

Diartikel ini kita akan melihat sekilas apa sih yang ada di Visual Studio 2017 ini, mulai dari cara download, install dan penggunaannya. Semoga menjadi pertimbangan teman-teman yang mau upgrade dari Visual Studio sebelumnya (seperti saya) atau bahkan pindah dari Visual Basic 6.0.

Download Visual Studio 2017
Pertama, kita akan mendownload versi community nya, karena versi pro dari Visual Studio setahu saya mencapai harga 9 juta'an (dilihat dari official store Microsoft Indonesia).

Jalankan file setupnya kemudian tunggu sampai proses download installernya selesai.

Installasi
Saat proses instalasi, kita bisa memilih komponen apa saja yang mau kita install. Banyak sekali pilihannya bahkan saya juga baru tahu sampai ada pilihan untuk Pyhton dan Node.js. Install sesuai kebutuhan saja, karena saya sekarang fokus ke desktop development, maka saya hanya memilih .Net Desktop Development

Pada pojok kanan bawah, tertera berapa GB free space diharddisk yang akan dibutuhkan, untuk desktop development saja membutuhkan sekitar 3.16 GB. Pilih Download all, then Install kemudian klik tombol Install.



Proses berikutnya menunggu download selesai, 783 MB tidak terlalu besar ya :)


Setelah download selesai, selanjutnya menunggu proses install sekitar 255 package!. Tidak lama hanya sekitar 8-10 menit seingat saya.


Selesai, maka kita akan diminta restart windows, lakukan restart dengan klik tombol Restart.



First Look
Petama kali Visual Studio 2017 dijalankan, maka tampil welcome screen seperti ini. Bisa sign-in untuk publish code ke git dan lainnya. Bisa di abaikan dengan pilih Not now, maybe later


Berikutnya melakukan development setting di awal, bisa memilih style bahasa pemrograman default dan theme dari IDE atau code editornya. Klik tombol Start Visual Studio untuk memulai ngoding di versi 2017 ini.

Masuk tahap preparing, ini juga sebentar kok tidak sampai 2 menit.


Tampilan IDE
Tampilan awal IDE, terasa ada yang berbeda?



Tampilan ketika membuat Project baru, menurut saya ada yang berbeda dibagian yang saya beri kotak putih dibagian location dan memilih target versi frameworknya.


Test membuat Button dan Label.


Pada code editor terdapat Light Bulb yang menampilkan syntax jika di klik.




Dan ketika mencoba menjalankan program maka terdapat Diagnostic Tools. Karena saya belum pernah mencoba Visual Studio 2015, saya tidak tahu apakah fitur ini sudah ada sebelumnya.


Hello World dari Visual Studio 2017 :)


Semoga Bermanfaat

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra sebagai penulis artikel, diperbolehkan menyalin artikel ini secara utuh tanpa mengubah atau menambah isi artikel.

1 komentar:

(C) 2018. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Followers