Jumat, 02 September 2016

Apakah wscript.exe itu virus


Artikel ini dibuat untuk memahami apa sih sebenarnya wscript.exe itu, dan mengapa banyak yang mengira bahwa proses wscript.exe yang sedang berjalan pada sistem disangka sebagai virus atau malware.

wscript.exe atau Microsoft Windows Based Script Host sejatinya adalah program bawaan windows yang fungsinya untuk menjalankan script yang dibuat dengan Microsoft Visual Basic Scripting (atau VisualBasic Script saja) dan JavaScript secara langsung oleh Windows (Double Click) atau via Command prompt.

Menghapus file wscript.exe (%drive system%/Windows/System32) tentu tidak berdampak langsung pada sistem Windows anda, hanya ketika anda membuat script dengan VisualBasic script seperti melihat product key windows atau office yang hilang di artikel winpoin berikut, script anda tidak akan berjalan.

Setahu saya, sekitar tahun 2007 sampai 2014 banyak virus lokal yang dibuat dengan VisualBasic Scripting (VBS) dengan extensi *.vbs dan Javascript dengan extensi *.js dengan kemampuan yang identik sama yaitu men-disable Task Manager, menghidden file dan folder, membuat shortcut (sering disebut Virus Shortcut) dan sebagainya yang banyak menyebar.

Ketika user melakukan cek pada antivirus mereka, antivirus tersebut merujuk pada proses wscript.exe sehingga wscript.exe dianggap sebagai virus itu sendiri :( .

Yang terjadi sebenarnya adalah, wscript.exe memang menjalankan script virus tersebut dimemory namun cukup diterminate atau dihentikan proses wscript.exe yang sedang berjalan. Kemudian, hapus file induk beserta file virus lainnya, bukan file wscript.exe nya.

Jika anda ingin melakukan cek lebih lanjut tentang suatu file lainnya,anda bisa melakukan pengecek-kan secara online via web virustotal.com.Di web tersebut akan ditampilkan informasi detil tentang file yang diupload beserta nama virus nya jika memang file tersebut merupakan virus atau sudah terinfeksi virus.

Semoga Bermanfaat

referensi : https://support.microsoft.com/en-us/kb/232211
               http://www.filecheck.web.id/berkas/wscript.exe.html

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra sebagai penulis artikel, diperbolehkan menyalin artikel ini secara utuh tanpa mengubah atau menambah isi artikel.

0 komentar:

Posting Komentar

(C) 2018. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Followers