Jumat, 16 September 2016

Monitor Temperatur CPU dengan CoreTemp


Di artikel ini kita akan melakukan pengecekkan apakah suhu atau temperatur CPU komputer (dekstop atau notebook) kita normal atau tidak dengan Software bernama CoreTemp. Jika secara fisik kita bisa merasakan hawa panas yang keluar dari komputer atau bahkan panas yang merembet melalui casing komputer, kita juga perlu melakukan cek dari software untuk memastikan lebih detail sehingga bisa mendeteksi apakah CPU kita mengalami panas berlebih (overheat) atau tidak.

Banyak software lain untuk memonitor temperatur atau suhu CPU (Bahkan cek temperatur Harddisk dan lainnya), namun karena CoreTemp sangat ringan dan kecil ukurannya maka software ini saya rekomendasikan :)


Untuk menggunakannya, kita install software CoreTemp, kemudian buka web Build Computers berikut untuk melihat temperatur normal dan maksimal suatu prosesor atau CPU. 


Dari gambar diatas bisa disimpulkan bahwa untuk Prosesor Intel Core i5 (Haswell), temperatur CPU saya sudah jauh diatas normal yaitu 80 derajat celcius. Sedangkan normal temperatur nya berkisar 47 sampai 72 derajat celcius. Untuk lebih detailnya, anda bisa mendownload dokumentasi atau informasi lengkap tentang batas normal temperatur CPU di vendor nya masing-masing.

CoreTemp juga dapat kita setting agar menampilkan peringatan atau warning jika panas CPU kita melebihi normal.Caranya klik Menu Options - Overheat Protection



Aktifkan opsi Enable overheat Protection, atur batas temperatur yang di-inginkan lalu klik OK


Jika temperatur mencapai batas yang di setting maka akan tampil notifikasi seperti berikut :



Lalu bagaimana cara kita mengatasi panas berlebih atau overheat ini? cara mudahnya menurut saya yaitu :

  • Pastikan ruangan tempat memakai komputer memiliki ventilasi udara yang baik agar hawa panas ruangan tidak berkumpul
  • Memakai Cooling Pad
  • Hentikan proses software aktif yang memakai penggunaan CPU yang tinggi (bisa dilihat dengan Task Manager atau ProcessHacker)
Setelah dilakukan 3 cara tersebut, temperatur CPU mengalami penurunan yang lumayan banyak dari 80 menjadi 51 derajat celcius.


Tentu temperatur ini akan terus berubah-ubah, untuk menjaga temperatur atau suhu CPU tetap dibatas normal, anda bisa membaca lebih lanjut di Computer Hope .

Semoga Bermanfaat

referensi (untuk Intel Prosesor only :)               

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra sebagai penulis artikel, diperbolehkan menyalin artikel ini secara utuh tanpa mengubah atau menambah isi artikel.

1 komentar:

(C) 2018. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Followers