Jumat, 16 September 2016

Manfaat Bekerja Secara Mobile Working


sumber gambar (http://www.itcompanybirmingham.co.uk/)

Di-era Teknologi seperti saat ini, mungkin ada dari anda atau teman-teman anda yang sudah bekerja secara remote atau sering juga disebut Remote Worker atau Mobile Working. Istilah Berangkat pagi Pulang pagi  seperti lagu grup band tetangga sebelah sepertinya tidak berpengaruh terhadap segelintir orang yang bekerja secara mobile ini, termasuk saya tentunya  ;) .


Yap, secara garis besar (menurut saya) bekerja secara mobile cukup menyenangkan, Dan di artikel ini saya khusus membahas curhat atau pendapat saya tentang mobile working ini.

Manfaat
Yang pertama dibahas tentu manfaat nya, banyak sekali artikel yang membahas manfaat bekerja secara mobile working ini secara umum atau menurut segi perusahaannya, disini saya mencoba membahasnya secara pribadi.

Artikel ini cukup panjang, saya sarankan anda yang ingin membaca sampai habis menyeduh kopi atau teh sambil membaca :)

1. Lebih menghemat waktu dan tenaga
Ya ini point pertama dan paling terasa saat mobile working, dimana sebelumnya pekerja selalu bangun pagi agar tidak terlambat bekerja dan tidak terkena macet. Namun setelah mobile working, pekerja bisa lebih santai menghadapi pagi hari nya dirumah tanpa harus berkutat dengan segala rintangan dijalanan.

Pengalaman saya baik itu membawa kendaraan sendiri atau naik angkutan umum, jarak dari rumah pekerja ke kantor bisa sangat jauh sehingga waktu yang ditempuh bisa mencapai 2 jam. Tentu sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Waktu dijalanan terkena macet dan Tenaga yang terkuras saat mengemudikan kendaraan pribadi atau berdiri (hampir terjepit) diantara desakan pekerja lain disuatu kendaraan umum kini tidak dirasakan lagi setiap hari .

2. Terhindar dari Stress dijalanan


Berhubungan dengan point pertama, pekerja mobile working juga terhindar dari stress dijalanan. Mulai dari macet, polusi udara, kericuhan (senggolan antara pengemudi kendaraan hingga menimbulkan perpecahan dan pertempuran batin), polusi suara yang datang dari klason juga panas dan hujannya cuaca sampai kejadian tak terduga seperti adanya kecelakaan, jalan yang sedang digali sehingga menyempitkan jalan plus mewarnai jalan dengan kecoklatan, ada si komo lewat dan banyak lainnya.

Pernah saya jumpai disuatu jalanan kecil, truk pembawa batu tersungkur ditengah jalan atau truk besar yang iseng melewati jalan kecil (yang seharusnya rute cepat saya kekantor) membuat laju kendaraan tersendat, mau menyalip juga ngeri, jalanan kecil, rusak pula :)

3. Lebih Produktif
Karena waktu dan tenaga tidak terpakai untuk berangkat dan pulang kantor, maka waktu bekerja pun akan lebih banyak. Asumsi jika pekerja bangun jam 5 pagi dan berangkat jam 6 pagi, maka jika mobile working, pekerja di jam 6 pagi bisa sarapan dan ngopi terlebih dahulu, alhasil mood pun akan membaik.

Efek dari mood yang membaik tentu produktifitas juga akan bertambah, namun ini juga tergantung pribadi masing-masing pekerja, ada yang sudah kenyang,santai dan akhirnya malah ngantuk kan? :)

4. Mempunyai waktu dan tempat untuk berfikir lebih tenang 
Ada beberapa orang yang merasa lebih bisa berkonsentrasi ketika berada diruangan tersendiri secara private, Meskipun gangguan dirumah mungkin lebih besar seperti serangan kecoa terbang atau suara kucing sedang berkelahi atau suara dangdutan dari RT sebelah.

5. Mempunyai Privasi dalam bekerja
Ada kalanya pekerja merasakan pegal duduk berlama-lama didepan komputer, mau lari-lari kecil, sedikit push-up dan sit-up untuk meredakan gejala perut buncit,namun yang ada hanya muter ke toilet lalu balik lagi sekedar meluruskan badan. Jika mobile working, pekerja bisa bebas melakukan apa saja tanpa merasa "dilihat" oleh rekan kerja lainnya namuntetap tidak menjamin pekerja mobile working lebih kurus dari pekerja biasa :).

6. Lebih dekat dengan keluarga (dan kucing nya
Jika pekerja berangkat pagi dan pulang pagi, maka quality time bersama keluarga akan tersita habis, apalagi pekerja yang sudah berkeluarga. Dengan mobile working, pekerja bisa bersama keluarga seharian penuh walau harus tetap didepan laptop memandangi pekerjaan.

Ada juga pekerja yang sangat menyayangi binatang peliharaannya seperti kucing, anjing, hamster bahkan kutu rambutnya. Sehingga dekat dengan sesuatu yang disukainya, membuat pekerja mempunyai mood yang lebih baik dalam bekerja. 

7. Jam kerja yang fleksible

sumber gambar dari (http://careerbright.com/)

Beberapa kantor sudah menerapkan jam kerja fleksible meskipun tidak mobile working seperti datang jam 7 pagi maka boleh pulang jam 4, tapi dengan mobile working, pekerja bisa mulai kerja jam 7 pagi dan pulang jam 4. Lalu dimana bedanya?

Beda nya adalah jika ada pekerjaan yang urgent, pekerja tetap bisa melanjutkan pekerjaannya setelah jam 4, mungkin sampai jam 5. Jika tidak mobile working, pekerja yang pulang jam 4 tetap menerima bonus macet sehingga sampai dirumah juga jam 5 ditambah ada pekerjaan yang masih belum selesai.

8. Bisa Melanjutkan pekerjaan tanpa khawatir pulang terlalu larut malam
Ini juga yang paling saya rasakan, saking asyiknya bekerja (huehehe) sampai tidak terasa sudah lewat jam 9 malam. Meskipun isu begal sudah agak mereda namun datanglah musim penghujan disertai anginnya yang kencang sehingga pulang terlalu larut malam agak sedikit mengkhawatirkan.

9 .Lebih hemat pengeluaran
Pekerja yang mengendarai kendaarn pribadi atau angkutan umum ketika mobile working pasti akan mempunyai penghematan pengeluaran dari ongkos. Ya, asumsi jika pulang - pergi kantor dengan jarak 30 kilometer, maka bensin untuk sepeda motor satu liter(itu udah irit banget), dan jika naik angkutan umum harus menyambung ini itu, kalau mobile working? tidak,bangun dari tempat tidur pun anda sudah bisa langsung bekerja.

10. Lebih Bahagia

Dari 9 point diatas dapat disimpulkan bahwa pekerja mobile working lebih bahagia karena bisa bekerja dari mana saja, tentu dengan adanya koneksi internet :)


Semoga Bermanfaat

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra sebagai penulis artikel, diperbolehkan menyalin artikel ini secara utuh tanpa mengubah atau menambah isi artikel.

1 komentar:

(C) 2018. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Followers